Beberapa yang Wajib dikenal ''Mahasiswa Baru IPB''

Assalamualaikuum wr wb...
Postingan ini iseng-iseng aja sih..
Sekalian berbagi cerita..
Gapapa ya?

#Di bawah ini beberapa yang mesti temen-temen tahu, random gapapa ya? haha:

1. Berlin
Kalau temen-temen naek angkot, ini pertama kalinya tempat pemberhentian temen-temen menuju segala tempat di IPB. Ada juga sih beberapa tempat buat akses IPB. Cuman, biasanya para mahasiswa lewat Berlin ini. Berlin ini bukan tembok segagah tembok Berlin. Tapi berlin ini gerbang kecil yang mungil tempat lalu lalangnya calon orang sukses(?) Berlebihan ga ya? He. Aminiin dong. Hehehe. Ya begitulah. Ada beberapa angkot untuk mengakses kampus IPB. Eh sebelum nerangin angkot, kampus IPB banyak. Kampus yang buat S1 itu di daerah Dramaga. Nah, penjelasan seterusnya bakalan nerangin yang di derah Daramaga aja ya he. Sippp. Lanjut ya ke angkot, nah buat nyampe ke kampus IPB biasanya pakai angkot yang ada tulisannya ''Kampus Dalam''. Rutenya dari Terminal Laladon, baru naek angkot kampus dalam. Temen-temen cukup bayar dua ribu rupiah aja. Bilang aja ke mas angkotnya '' (Mas/bang/pak/apalah itu/asal jangan mpok ya he) turun di Berlin yah''. Secara otomatis temen-temen bakal di anterin ke Berlin. Tapi inget, Berlinnya IPB yah. Bukan berlin German hehe. Pastikan juga, pas temen-temen bilang ke supir angkotnya, dia ngasih tanda-tanda bahwa dia respon, dengan kata
''iyakah'' dengan anggukankah, jangan sampai supirnya ga 'ngeh' ya he. Tembok berlin ini gabisa dilalui mobil, motor, sepeda atau apapun. Loncat dikit aja. Eh kaya kangguru aja he. Bukan loncat, tapi langkahkah saja kaki mu nanti. Temen-temen juga akan mengerti istilahnya he (?). Pertamakalinya yang temen-temen liat setelah lewatin Berlin ini yaitu pangkalan ojeg, Stevia, toko buku, sama Faperta (Fakultas Pertanian)

2. Bara
Wah ini bisa jadi tempat serbaguna. Bara ini kaya pasar kecilnya. Banyak yang dijual disini: makanan berat, makanan ringan, minuman, ice, nasi padang, soto, molen kecil, pisang aroma, juice, batagor, syomay, mie ayam, salon singkong, kebab turki, uuu makanan semua ya, he, engga makanan aja, disini banyak dijual juga keperluan temen-temen, warnet, tempat les, laundry, ada toko-toko baju, sendal, kelontongan, film, elektronik, pulsa, buku, fotokopian, tukang jahit, apotik. Masih banyak lagi tentunya. Bervariasi juga harganya. Bara itu kalau dari keluar Berlin ke Kanan. Kalau hari minggu, di Bara juga bakalan ada 'Pasar Kaget' wow pasar apa itu? Makin ramai aja Bara. Di pasar kaget bakalan  seperti pasar-pasar kaya biasanya. Banyak pedangang, banyak juga pembelinya. Kalau penasaran dengan situasi pasar kaget, liat aja pas hari Minggu ya. OK :)

3. Bateng
Bateng itu kalau dari keluar Berlin ke kiri. Bateng gajauh beda kaya Bara, cuman di pesisir Bateng ini lebih dipenuhin kossan.

4. Stevia
Stevia itu kaya kantinnya. Ada warnet, tempat makan, tempat les, bahkan yang jual bajupun ada.

5. Konoha
Ini kantin bagi mahasiswa baru putera. Belum tahu betul sih persisnya konoha bagaimana. Namun, setiap  saya perhatikan, Konoha ini yang eksis di ngiangan para mahasiswa putera. Konoha letaknya sebelum asrama putera.



6. Agri
Sama halnya kaya Konoha. Namun, Agri ini letaknya diluar asrama puteri.

7. PGB
Ini kantin puteri. Yang letaknya di dalam gerbang. Banyak yang dijual disni, mulai berbagai masakan, batagor, es doger, minuman, ayam bakar, mie ayam, bakso. Kalau hari Sabtu sama Minggu biasanya sepi.  Bahkan bisa sampai setengah hari bukanya. Ada tempat fotokopian juga, laundryan juga ada.

8. GWW
Ini tempat pertamakali temen-temen disambut, dan di Wisudapun bakalan di GWW. Coba ada yang tahu kepanjangan dari GWW. GWW ini kependekan dari Graha Widya Wisuda. Bukan Graha Widiastuti Wisuda ya (?) He. Kidding.

9. Al-Hurriyyah
Ini mesjidnya IPB. Ornamennya penuh dengan segitiga. Dijamin adem kalau temen-temen ada disni.

10. Shelter sepeda
Mau bepergian sambil olahraga? Dateng aja ke shelter sepeda, banyak shelter, salah satunya di asrama puteri (astri), GWW, fakultas lain, dll. Biasanya temen-temen cukup nunjukin KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), setelah itu tinggal input data identitas temen-temen diselembar kertas.

11. Tukang ojeg
Ini alternatif lain, ada tukang ojeg. Jangan tanya ''Berapa bang?''. Nanti malah dimahalin. Biasanya tarif jauh dekatnya 2-3 ribu. Awas jangan kelebihan ya he. Biasanya dua ribu. Tiga ribu itu kalau dari ujung IPB ke ujung lagi.

12. Bis kampus
Nah, ini salah satu fasilitas dari kampus. Tinggal tunggu dii halte bis aja. Kerjanya sesuai jam kerja.

13. Wifi
Widi ini fasilitas gratis tis tis dari kampus. Temen-temen bisa akses di asrama, perpustakaan, fakultas, dll. Sebelum temen-temen bisa mengakses wifi ini, temen-temen diberi user dan password dulu. Nah setelah itu temen-temen bisa akses sepuasnya. Tapi sangat disayangkan, akses untuk FB dan Youtube ditutup dari jam 8 pagi 
sampai 4 sore. Sesuai dengan jam kerja. Setelah itu, temen-temen bisa sepuasnya akses kedua ini.

14. Kortan
Ini singkatan dari Koridor Tanah. Deket deket wilayah kuliah TPB. Temen-temen bakalan sering lewat derah ini. Ga jarang, kortan juga tempat buat rapat. Adem. Biasanya ada suara loh. Kayaknya suara anak Agria Suara (salah satu UKM di IPB)

15. Media Centre
Sama kaya kortan. Disini kaya madingnya IPB. Banyak yang nempel. Jangan kelewat aja ya lewat sini, mesti liat mading he.

16. Student Centre
Ini gudangnya organisasi (yah kasarnya gitu). Kaya ruang OSIS-MPK nya SMP. Semua lembaga kemahasiswaan kantornya disni. Kalau temen-temen aktif lembaga kemahasiswaan, dijamin deh, SC bakalan jadi rumah ke sekiannya temen-temen.


Apalagi ya?
Kayaknya ini saja dulu...
Semoga bermanfaat ya :)

O iya, ada beberapa kegiatan yang mesti temen-temen jalanin setelah jadi calon mahasiswa baru..

1. MPKMB
MPKMB ini kependekan dari Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru. Kaya MOS (Masa Orientasi Siswa)nya SMA. Waktu zaman saya, angkatan 47. Semua mahasiswa terbagi menjadi 5 panji. Satu panji terdiri dari 6 laskar. Nanti, dalam satu laskar itu ada patra dan patri (pemimpin putera/puteri). Patra/ patri ini istilahnya sebagai yang dituakan dalam kelompok (laskar). Pokoknya seru deh!

2. MCP
Mahasiswa Cinta Perpustakaan. Serangkaian penjelasan dari pihak perpusatakaannya.


3. Tour Kampus
Tour kampus ini dipandu oleh Senior Resident atau lebih akrab dikenal SR. Mereka ini adalah kakak angkatan yang akan membinging selama satu tahun di asrama. Nanti SR akan menjadi guide temen-temen. Tour kampus ini sangat bermanfaat sekali buat nambah wawasan temen-temen masalah lingkungan IPB.

4. SOGA
Soga kependekan dari 'Social gathering'. Ada dua jenis soga. Ada lorong dan gedung.

5. Ngaji bareng
Ada dua juga ada ngalong (ngaji lorong) dan ada ngadung (ngaji gedung).

6. Pemilihan seperangkat pengurus lorong, gedung
Nah, disini temen-temen belajar demokrasi dan musyawarah. Nantinya akan ada pemilihan RT (Orang yang dituakan diantara temen-temen di wilayah lorong) dan ada lurah (orang yang dituakan di wilayah gedung). Singkatnya gitu. Bagi yang berminat, smgt ya!

7. Pemilihan raya pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa KM, Presma, Dewan Perwakilan Mahasiswa TPB, Pemilihan Ketua BEM TPB, pemilihan pengurus BEM TPB-KM, Open Recruitment berbagai macam organisasi. 
Nah, disni temen-temen bakal ngerasakan pemilihan langsung. Yang belum 17 tahun juga disini sah untuk menjadi pemilh tetap. Sama seperti saya dulu, belum merasakan pemilihan daerah langsung, tetapi sudah merasakan pemilihan di kampus ini. Yang memakai sistem pemilihan itu pemilihan DPM KM dari perwakilan TPB, presma, dan ketua BEM. Untuk Dewan Perwakilan Mahasiswa TPB, pengurus BEM TPB-KM, dan OR lainnya itu menggunakan sistem Open Recruitment. Nanti temen-temen akan menjani serangkaian seleksi. Hayo siapa yang berminat? Singkatnya, DPM ------> Badan legislatif kaya MPK dulu, BEM ----? Badan eksekutif kaya OSIS nya dulu. Masih penasaran? Jangan lewatkan setiap pengumumannya ya. Semua wadah organisasi yang ada dikampus ini pastinya akan bermanfaat sekali buat temen-temen mahasiswa baru.


Sepertinya cukup, ada yang kurang ga ya? InsyaAllah engga, kalau ada yang kurang, nanti saya insert lagi ya. Selamat datang. Selamat menjadi mahasiswa baru IPB.
:D
Wslm Wr Wb.

Komentar

Wahyu Putra mengatakan…
eits ada yang kelewatan sepertinya
di Bara ada satu booth makanan jepang takoyaki yg jgn sampai terlewat karena keunikan dan rasanya yg menggugah selera, Takoo! Takoyaki nama brandnya.
Takoo! Takoyaki bakalan menyediakan segudang promo bagi mahasiswa angkatan 48.

Di pasar kaget juga setiap hari minggu ada yg jualan alat sulap unik dan antik, Landbouw Magician namanya. Coba cari2 ya nanti :D
Anonim mengatakan…
background nya terlalu mencolok, udah gitu tulisannya terlalu kecil, jadi agak susah dibaca. ini aja sampe pusing liatnya, jangan lupa kunjjungi http://febriansondicky.blogspot.com
Widiastuti mengatakan…
Wahyu: sipp makasih wahyu infonya :)
Tommi: sipp makasih, saya settingnya di mozilla terbaru...mungkin settingannya tidak berlaku di semua browser..btw..makasih banyak...saya sesuaikan :)
yoga rokhmana mengatakan…
Anda Mahasiswa butuh transportasi mobil yang mudah, murah dan sesuai tujuan... Taksi mahasiswa solusinya... Bayarnya hanya 2.000 rupiah per kilometer sudah termasuk supir dan bensin.. Kami layaknya taksi yang siap menjemput dan mengantar mahasiswa kemana aja dan kapan aja.. Khusus mahasiswa sekitar kampus ipb darmaga... muat sampai 7 penumpang..

http://taksimahasiswa.blogspot.com
082113331243
Arie Dobi mengatakan…
dobigift - Ahlinya Kado Boneka
Nah lo...
Ada yang wisuda atau ulang tahun?
Tapi bingung cari kado???
Ga usah bingung.
Kontak kita aja langsung but kadonya.
Kenapa haru s dobi?
karena :
1. DIJAMIN Boneka tidak kempis dan Bulunys Halus
2. Dijamin Jahitan Rapi
3. PROSES Cepat karena kami ahlinya
untuk pemesanan silahkan kontak kami segera!
BBM : 2904D938
Call/SMS/WA : 0856 91414 296
More info klik :
http://dobigift.blogspot.com/2015/02/aneka-kado-boneka-pilihan.html

Terimakasih

Postingan populer dari blog ini

KERAJAAN ISLAM PADA ABAD PERTENGAHAN

Apakah Sinus Tachycardia itu?