Resensi Ayat-Ayat Cinta

Identitias Buku
o Judul : Ayat - ayat cinta
o Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy
o Tahun terbit : 2004
o Penerbit : Republika
o Tebal buku : 418 halaman
o Jenis buku : Fiksi
o Ilustrasi jilid : Jilid novel berwarna kuning, menggambarkan pada waktu tenggelamnya matahari, dengan perempuan bercadar.

Sinopsis
Novel ini bercerita tentang perjalanan cinta dua anak manusia yang berbeda latar belakang dan budaya. Yang satu adalah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Universitas Al-Azhar, dan yang satunya lagi adalah mahasiswi asal Jerman yang kebetulan belajar di Mesir. Kisah percintaan ini berawal ketika mereka tak sengaja bertemu dalam perdebatan sengit di kereta.

Di dalam kereta, Fahri tidak mendapatkan tempat duduk, mau tidak mau dia harus berdiri. Kemudian ia berkenalan dengan seorang pemuda Mesir bernama Ashraf. Ashraf bercerita bahwa dia benci kepada Amerika. Disaat yang bersamaan ada tiga orang bule yang berkewarganegaraan Amerika. Salah satunya adalah seorang nenek. Dia tidak mendapatkan tempat duduk. Tidak seorang pun yang mau mempersilahkan sang nenek duduk, tapi ada seorang perempuan bercadar yang rela meminjamkan bangkunya untuk nenek. Kemudian pemuda Mesir itu tidak dapat menerima perlakuan si perempuan lalu terjadi perdebatan sengit, tapi Fahri dapat meredakannya, Tidak berapa lama kemudian kereta berhenti dan perempuan bercadar pun turun. Sebelum turun ia berterimakasih kepada Fahri dan akhirnya mereka berkenalan, ternyata gadis itu bernama Aisha.

Di Mesir, Fahri tinggal bersama empat temannya. Ia mempunyai tetangga yang sangat ramah, terutama keluarga Maria, meskipun berbeda keyakinan tapi mereka sangat ramah.Selain bertetangga dengan Maria, ia bertetangga juga dengan keluarga Boutros,Perlakuannya berbanding 180 derajat dengan keluarga Maria. Sampai tibalah pada suatu malam dimana Bahadur sang kepala keluarga menganiaya anaknya, Noura. Lalu Fahri menolong Noura lewat Maria.

Setelah bertemu beberapa kali Fahri tidak bisa menolak bahwa ia mencintai Aisha, begitupun dia. Lalu mereka melangsungkan pernikahan. Mendengar berita tersebut, Maria yang juga saying kepada Fahri sangat terpukul. Selang satu hari setelah pernikahan, Fahri ditangkap karena difitnah telah memperkosa Noura. Saksi kuat yang mengetahui masalah ini adalah Maria. Akan tetapi Maria ditabrak oleh suruhan keluarga Noura yang akhirnya terbaring di rumah sakit. Maria menderita sakit yang parah, menurut dokter rangsangan orang yang disayangi Maria dapat membantu kesembuhan Maria. Karena mereka bukan muhrim, Aisha pun mengikhlaskan Fahri untuk menikah lagi dengan Maria. Lalu pernikahan pun dilaksanakan di rumah sakit. Ternyata benar, Maria dapat terbangun dari komanya.

Karena waktu yang diberikan pengadilan sedikit, saat itupun Maria didatangkan ke pengadilan untuk menjadi saksi, dari kesaksian yang diberikan Maria dapat diketahui bahwa yang memperkosa Noura bukan Fahri akan tetapi ayahnya sendiri, Sejak itulah Fahri terbebas dan hidup bersama Maria dan juga Aisha. Dibalik kebahagiaan itu Maria masih sakit, dam pada suatu hari ketika Maria menjadi mualaf dan hendak menjalankan shalat Mariapun dipanggil yang Maha Kuasa. Dan Fahri melanjutkan hidupnya dengan Aisha .

Kelemahan dan Keunggulan
Kelemahan : Novel ”Ayat-ayat Cinta” menggunakan gaya bahasa yang tinggi, terkadang membuat pembaca untuk mengulangi lagi kalimat yang dibacanya agar mendapatkan maksud yang terkandung.
Keunggulan : Memuat kata asing dan di bawah halaman ditulisakan keterangannya, menambah pembendaharaan kata pembaca.

Penutup
Demikian resensi ini disusun dengan harapan dapat memberikan informasi mengenai novel yang berjudul ”Ayat-ayat Cinta”. Semoga resensi ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca, mohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam resensi ini, Sebelum dan sesudahnya resentator mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan resensi ini.

Tugas waktu SMA dulu. Masih banyak kaosakata yang perlu diperbaiki. Namun perkembangan dulu dan sekarang sangat jauh sekali. Tentunya semoga lebih baik aamiin :D

Komentar

Postingan Populer